SOSIALISASI SIPBM MASA PANDEMI COVID 19

Sistem Informasi Pendidikan Berbasis Masyarakat (SIPBM), Upaya Meningkatkan Peran Serta Masyarakat di Sektor Pendidikan

disini pendataan di fokuskan pada

ATS = ANAK TIDAK SEKOLAH
ABPS = ANAK BERPOTENSI PUTUS SEKOLAH

dimasa pandemi ini atau akibat dari adanya Pandemi covid 19 ini.

Hal itu dimaksudkan guna memperoleh informasi meliputi, berapa banyak anak Pra-Sekolah yang akan sekolah (0-6 tahun)? Berapa banyak anak usia sekolah (7-18 tahun) yang tidak bersekolah? Dimana anak yang tidak sekolah? Dan mengapa anak tidak sekolah? Di samping itu, ditambahkan pula beberapa informasi lainnya yang dianggap penting seperti, kepemilikan akte kelahiran, konsumsi garam yodium keluarga, pekerjaan ekonomi orang tua, jarak ke sekolah, alat transportasi yang digunakan ke sekolah dan lainnya.

Setelah pengumpulan data selesai dilakukan, maka pertanyaan tentang “apa yang diperlukan untuk membawa anak ke sekolah” ditindaklajuti dalam bentuk penyusunan rencana aksi bersama masyarakat. Maksudnya, data yang telah dihasilkan, dikembalikan lagi ke masyarakat untuk diamati dan dianalisa sehingga masyarakat dapat secara mandiri menyelesaikan beberapa persoalan pendidikan di wilayahnya sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

yang melakukan pendataan ini nantinya dilakukan oleh KPMD Desa yang kan dilakukan pelatihan besuk tanggal 7 Oktober 2020

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan